Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Usaha Sampingan Modal 10-15 Juta, Tips Mempertahankan Brand

Usaha Sampingan Modal 10-15 Juta, Tips Mempertahankan Brand


Memulai suatu usaha memang membutuhkan modal entah itu modal berupa uang atau modal berupa kemampuan. Akan tetapi, hal yang biasanya menjadi kendala adalah modal uang. Banyak usaha yang dapat dikerjakan dengan modal yang sedikit namun tidak sedikit yang berhasil dengan menggunakan modal uang dengan jumlah tertentu, misalnya dengan modal 10 hingga 15 juta. Dari modal sejumlah tersebut, terdapat beberapa usaha sampingan modal 10-15 juta yang dapat dijadikan pilihan misalnya dengan memulai usaha pembuatan sepatu, tas ataupun baju.

Perancangan 

Agar usaha yang dirintis dengan modal uang sebesar 10-15 juta tidak terbuang dengan percuma, Anda harus melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Maksudnya adalah perencanaan mengenai tujuan Anda dalam jangka waktu panjang dan pendek, produk yang hendak dikeluarkan, sasaran dari produk yang Anda produksi, perencanaan keuangan baik keuangan tentang pengeluaran untuk biaya operasional dan tentang keuangan yang dipakai untuk membeli bahan baku untuk pembuatan produk.

Kualitas Produk 

Selain perancangan, Anda juga harus memperhatikan tentang produk yang Anda hasilkan. Agar usaha Anda dapat berjalan lebih lancar, bertahan dan berkembang, Anda harus memperhatikan dan mempertahankan kualitas dari produk yang Anda produksi. Walaupun harga bahan baku naik, namun kualitas tidak boleh menurun hanya karena Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Hal tersebut dikarenakan jika kualitas menurun, maka akan membuat pelanggan yang telah Anda miliki akan mulai meragukan produk, baik barang atau jasa, milik Anda.

Artikel terkait :  Macam-macam Bisnis Online Rumahan yang Menjanjikan 2016

Selera Pasar 

Sebagai salah satu pebisnis yang baik, agar bisnis atau usaha yang dikelola dapat bertahan dan berkembang adalah dengan mengikuti selera pasar. Kesukaan atau tren atau selera pasar terutama untuk bidang fashion bergerak dengan sangat cepat sehingga diperlukan kemampuan untuk menganalisa dan mencatat mengenai selera pasar yang sedang berkembang atau sedang booming saat itu. Dengan cara tersebut, konsumen dari usaha atau bisnis Anda akan dapat bertahan dan menganggap jika usaha atau bisnis Anda termasuk up to date sehingga pembeli tidak akan bosan. Jika barang tetap up to date sesuai dengan selera pasar, terutama jika barang Anda merupakan fashion seperti tas, sepatu dan baju, para konsumen akan berusaha untuk mendapatkan barang yang Anda hasilkan.  Baca : Memulai Bisnis Online Mulai dari nol

Loyalitas 

Mempertahankan pelanggan merupakan salah satu hal yang paling sulit dalam dunia bisnis. Jika dalam suatu bisnis tidak mempunyai pelanggan, maka bisnis tersebut tidak akan bertahan apalagi berkembang. Oleh karena itu, diperlukan sesuatu strategi agar dapat mempertahankan loyalitas dari pelanggan. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan promo atau diskon belanja. Cara tersebut selain dapat mempertahankan konsumen yang sudah ada, juga dapat menarik konsumen baru. Cara lain adalah dengan mempertahankan kepercayaan dengan cara meningkatkan pelayanan, kualitas barang yang dihasilkan, jenis dan model yang dihasilkan.

Artikel terkait :  Contoh Peluang Usaha Sampingan yang Dikerjakan di Rumah

Pelayanan dan Kinerja 

Bisnis yang baik, walaupun itu merupakan bisnis dari peluang usaha sampingan, jika tidak memiliki pelayanan dan kinerja yang baik dan maksimal, tidak akan mampu untuk bertahan dan berkembang. Konsumen atau pelanggan diibaratkan sebagai raja dan Anda selaku pebisnis harus mengedepankan keinginan dari konsumen. Akan tetapi bukan berarti jika konsumen bertindak buruk Anda tetap diam dan mengikuti, namun yang dimaksudkan adalah tetap mengedepankan pelayanan dan kinerja yang baik sesuai dengan visi misi dan peraturan yang telah Anda tetapkan baik secara tertulis ataupun secara lisan. Pelayanan yang baik misalnya selalu memberikan senyum salam sapa pada konsumen dan menjawab pertanyaan yang konsumen kurang mengerti. Baca : Macam-macam bisnis rumahan yang menjanjikan

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 1 =