Tips Menata Dapur Minimalis Agar Nampak Lega dan Nyaman

Tips Menata Dapur Minimalis Agar Nampak Lega dan Nyaman


Dapur memegang kunci penting dalam rumah dimana dari sinilah, aneka jenis makanan yang lezat tersaji dan menjadi bagian dari membangun kehangatan keluarga. Anda tentu pernah merasa enggan memasak karena desain interior pada dapur Anda terlihat begitu membosankan. Terlebih jika Anda memiliki area dapur yang tidak terlalu luas. Anda tentu membutuhkan solusi yang cerdas dan tepat untuk membuat dapur Anda tetap terasa lega dan nyaman meski dengan ukuran yang terbatas/sempit.

Salah satu trik yang bisa Anda terapkan adalah dengan membuat desain dapur minimalis yang saat ini juga tengah populer terutama di kalangan keluarga modern masa kini. Meskipun rumah Anda bukan bertipe minimalis, desain dapur yang minimalis tetap akan menambah daya tarik rumah pada rumah Anda, terlebih jika Anda senang memasak. Dapur yang tertata rapi dan sederhana membuat Anda merasa betah berjam-jam di dapur. Seperti apakah cara mengaplikasikan konsep desain minimalis pada dapur Anda? Ini dia triknya:

1. Gunakan warna yang cerah.

Anda dapat membuat ilusi ruangan yang lebih besar pada dapur Anda yang berukuran sempit dengan memberi warna-warna cerah atau terang. Warna terang atau cerah tersebut dapat Anda aplikasikan pada dinding maupun perabot kitchen set yang Anda pilih. Dapur dengan sentuhan logam, batu bata dan kayu juga dapat membuatnya terasa lebih ‘dingin’.

2. Manfaatkan setiap dinding kosong atau celah.

Anda bisa juga menambahkan desain vertical space dengan menempatkan rak yang menggantung pada dinding dapur Anda. Jika tersisa dinding kosong pada dapur Anda maka jangan hanya digunakan untuk memajang kalender saja, melainkan gunakan untuk menggantungkan beberapa peralatan memasak yang memiliki gantungan seperti panci, wajan, sendok sayur dan sebagainya. Tatalah rel gantungan dari bagian bawah dekat lantai hingga ke atas sesuai jangkauan Anda. Manfaatkan juga celah yang ada pada dapur untuk penyimpanan yang maksimal.

3. Dapur dengan kaca.

Mungkin ide ini terdengar sedikit aneh namun dengan memberi pintu atau jendela kaca yang cukup besar di dapur yang langsung berhadapan dengan taman minimalis akan memperkuat unsur minimalis pada dapur Anda. Selain itu, dari pintu atau jendela kaca tersebut, cahaya akan lebih mudah masuk ke dalam ruangan sehingga menciptakan efek ruangan lebih terang dan lega.

4. Tanpa pintu atau sekat.

Jika rumah Anda memang benar-benar berkonsep minimalis, ide dapur tanpa pintu atau sekat memang bisa jadi ide yang sangat hebat. Anda bisa membuat dapur Anda terasa lebih lega dan sirkulasi udaranya pun jadi lebih lancar dengan membiarkan dapur terbuka tanpa sekat dan berbatasan langsung dengan ruang tengah. Anda bahkan hanya perlu meletakkan sebuah rak yang memanjang di antara ruang keluarga/ruang tengah dan dapur sebagai pengganti sekat atau pintu.

5. Satukan dengan ruang makan.

Ide hebat lain yang bisa Anda aplikasikan dengan dapur minimalis Anda adalah dengan menyatukannya dengan ruang makan. Jika Anda mendiami rumah yang minimalis atau apartemen yang tidak terlalu besar maka menggabungkan dapur dengan ruang makan bisa jadi solusi untuk mengoptimalkan ruangan dalam rumah. Pilihlah meja makan yang tidak terlalu lebar dan berbahan kayu agar awet dan mudah perawatannya. Dengan menggabungkan dapur dengan ruang makan akan membuat Anda lebih mudah menyajikan makanan setelah selesai memasak.

Gambar Desain Rumah dari Arsitag.com :

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

77 − 73 =