Inilah Keuntungan Mendapatkan Beasiswa LPDP

Inilah Keuntungan Mendapatkan Beasiswa LPDP


 

Beasiswa menjadi salah satu cara untuk bisa melanjutkan pendidikan tanpa harus memikirkan masalahh biaya. Itulah mengapa kini para pemburu beasiswa semakin meningkat jumlahnya. seiring dengan peningkatan jumlah pemburu beasiswa ini, maka pastinya makin tinggi juga tingkat persaingan antar para pemburunya. Salah satu beasiswa yang populer dan banyak dicari adalah beasiswa LPDP. Beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ini selalu dibuka setiap tahunnya dan pastinya ditunggu oleh para peminatnya.

Pasti Anda penasaran bukan, sebetulnya apa yang membuat beasiswa dari LPDP ini menjadi primadona? Inilah beberapa keuntungan dengan mendapatkan beasiswa dari LPDP:

  1. Beasiswa ini bisa diikuti oleh siapa saja karena tidak ada syarat wajib PNS atau wajib menjadi dosen dan lainnya sehingga kesempatan untuk para pemburu pun semakin besar.
  2. Beasiswa juga berlaku di seluruh Indonesia sehingga siapapun Anda dan dimanapun Anda tinggal, Anda akan berkesempatan untuk mengikuti program beasiswa ini.
  3. Beasiswa dari LPDP ini akan mampu membayar berapapun besaran SPP dari sekolah yang ingin Anda masuki. Hal ini telah terbukti dengan LPDP yang pernah membayar baiay SPP untuk seorang penerima beasiswanya dimana Ia harus membayar SPP 100 persen di muka dengan nilai lebih dari 3 Milyar rupiah di Naval Academy USA.
  4. Dengan LPDP, pembayaran SPP akan dibayar langsung ke universitas dan kiriman biaya hidup akan langsung diterima dari rekening penerima beasiswanya sesuai standar kehidupan di negara tujuan.
  5. Tidak sampai di situ saja, beasiswa ini juga akan memberikan penerima beasiswa pascasarjana magister untuk melanjutkan pendidikan doktoral tanpa ikut seleksi kembali.
  6. Akan mendapatkan beberapa hak prioritas mulai dari hak prioritas untuk menerima program hibah buku, hibah penelitian, sampai hak prioritas untuk ikut dalam program pendanaan seminar nasional hingga internasional.
  7. Para penerima beasiswa juga pastinya akan mendapatkan jaringan alumni serta organisasi ikatan alumni yang memungkinkan penerimanya berhubungan dengan orang yang hebat dari seluruh dunia.

Jika melihat dari keuntungan yang ada, maka tak heran jika peminat untuk beasiswa ini sangat besar setiap tahunnya. Namun dari banyaknya peminat tersebut, tentu hanya kelompok kecil saja yang bisa lolos. Untuk bisa lolos, maka ada dua tahap dalam seleksinya yaitu tahap seleksi dalam administrasi dan tahap kedua yaitu essay, wawanncara hingga diskusi grup. Selanjutnya akan ada tahap Program Kepemimpinan yang nantinya wajib diikuti jika lolos dalam dua tahapan sebelumnya.

Berikut ini informasi terkait tahapan seleksinya:

  • Seleksi tahap I

Seleksi administrasi adalah seleksi berupa kelengkapan dokumen yang wajib dikumpulkan. Beberapa dokumen yang harus dilengkapi diantaranya adalah surat izin dari atasan untuk yang sudah memiliki pekerjaan tetap, surat bebas narkoba, surat berbadan sehat hingga surat rekomendasi dan lain sebagainya. Pastikan agar dokumen sudah dilengkapi hingga detail dan buat agar terstruktur dengan rapi sehingga penyeleksi bisa lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan.

  • Seleksi tahap II

Selanjutnya ada tahapan kedua yaitu proses yang kerap menggugurkan para pesertanya. Para peserta akan diberikan dua artikel terkait isu terkini yang ada di Indonesia dan akan diminta untuk bisa menjawab pertanyaan dari isu tersebut dalam bentuk essay. Berlanjut dengan tes wawancara dan Anda harus bisa menjawab dengan jelas dan gamblang semua pertanyaan dari pewawancara. Setelah selesai, peserta juga wajib ikut diskusi di kelompok kecil terkait artikel atau isu terkini yang diberikan oleh penyelenggara.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 45 = 46